Citizen Journalism dan Media Online

Ad-1

Bonacili.co.idCitizen Journalism dan Media Online. Jurnalistik Online membawa perubahan penting dalam dunia jurnalistik, bukan saja dari sisi bentuk medianya dan juga sajian, namun jupa pada praktisinya atau pembuat beritanya.

Kini, efek dari jurnalistik online, setiap orang dapat menjadi wartawan atau pewarta/penulis berita. Setiap orang dapat menadi jurnalis (everyone can be journalist) yang dikenal dengan konsep jurnalisme/jurnalistik warga (citizen journalism).

Definisi Citizen Journalism

Citizen journalism dapat didefinisikan sebagai praktik jurnalistik yang dilakukan oleh orang awam yang bukan seorang wartawan profesional maupun freelance yang tidak bekerja untuk sebuah perusahaan media.

Kehadiran blog dan media sosial menjadikan setiap orang dapat menjadi pewarta berita atau melakukan kegiatan penyebaran informasi secara mandiri kepada publik umum.

Media terkait citizen journalism bermacam-macam, mulai dari kolom komentas di situs online hingga blog pribadi. J.D. Lasica dalam Online Journalism Review (2003), mengategorikan media citizen journalism kedalam enam tipe:

  • Audience participation
  • Independent news and information website
  • Full-fledged participatory news sites
  • Collaborative and contributory media sites
  • Other kinds of thin media
  • Personal broadcasting sites

Media Online

Secara definisi, media online (online media) disebut juga cybermedia, internet media dan juga new media – dapat diartikan sebagai media yang tersaji secara online di situs web (website) internet.

Pengertian media siber menurut Dewan Pers dalam Pedoman Pemberitaan Media Siber (PPMS) mengartikan sebagai “segala bentuk media yang menggunakan wahana internet dan melaksanakan kegiatan jurnalsitik, serta memenuhi persyaratan Undang-undang Pers dan Standart Perusahaan Pers yang ditetapkan Dewan Pers”.

Media online dapat dikatakan sebagai media “generasi ketiga” setelah media cetak (printed media) -koran, tabloid, majalah, buku- dan media elektronik (electronic media) -radio, televisi, dan film/video.

Media online, menurut Wikipedia, merupakan produk jurnalistik online atau cyber journalism yang didefinisikan sebagai “pelaporan fakta atau peristiwa yang diproduksi dan distribusikan melakui internet.

Jenis Media Online

Secara fisik media online adalah media berbasis telekomunikasi dan multimedia (komputer dan internet). Termasuk kategori media online adalah portal, website (situs web, termasuk blo dan media sosial seperti facebook, twitter), radio online, tv online dan email.

me.dia /média/

  • n alat
  • n alat (sarana) komunikasi seperti koran, majalah, radio, televisi, film, poster, dan spanduk
  • n yang terletak di antara dua pihak (orang, golongan, dan sebagainya): wayang bisa dipakai sebagai — pendidikan
  • n perantara; penghubung
  • n zat hara yang mengandung protein, karbohidrat, garam, air, dan sebagainya, baik berupa cairan maupun yang dipadatkan dengan menambah gelatin untuk menumbuhkan bakteri, sel, atau jaringan tumbuhan
  • n Komp bahan yang digunakan dalam pemasukan dan penyimpanan data di komputer, atau dalam perekaman hasil komputer

Media online berupa situs berita dapat diklasifikasikan menjadi lima kategori:

  • Koran (edisi) Online
  • Radio Online/Streaming
  • Tv Online/Streaming
  • Situs Berita Online murni yang tidak terkait dengan media cetak dan elektronik lainnya
  • Situs Indeks Berita seperti Yahoo News, Google News, MSN, dll.

Dari sisi pemilik atau publisher, jenis website dapat digolongkan menjadi enam jenis:

  • News Organization Website
  • Commercial Organization Website
  • Website Pemerintah
  • Website Kelompok Kepentingan, seperti ormas, parpol, forum, kelompok lainnya
  • Website Organisasi Non-profit, seperti LSM, lembaga amal, komunitas
  • Personal Website (blog)

Karakteristik Media Online

Karakteristik yang membedakan Media Online dengan media konvensional (cetak maupun elektronik) identik dengan karakteristik jurnalisme online, antara lain:

  • Multimedia
  • Aktalitas
  • Cepat
  • Update
  • Kapasitas Luas
  • Fleksibilitas
  • Jangkauan Luas
  • Interaktif
  • Terdokumentasi
  • Hyperlinked : terhubung dengan sumber lain yang berkaitan

Manajemen Konten

Seperti sudah pernah dibahas sebelumnya, yang membedakan media online dengan cetak adalah kemasan informasinya. Media Online tidak hanya teks dan foto/gambar, namun juga dapat dilengkapi dengan audio/suara, video, visual, animasi, grafis, tautan/link, artikel terkait bahkan dapat juga menampilkan interactive game, serta dapat juga menyediakan kolom komentar sabagai ruang diskusi dan komunikasi dengan pembaca untuk menyampaikan opininya.

Kredibilitas Media Online

Media online dapat diragukan kredibilitasnya mengingat orang yang tidak memiliki keterampilan menulis (jurnalistik) yang memadahi-pun dapat mempublikasikan informasi yang didapatnya. Kredibilitas tinggi umumnya dimiliki oleh Media Online yang dikelola oleh lembaga pres profesional, baik itu hanya menerbitkan secara online atau juga menerbitkan medianya dalam edisi cetak atau elektronik.


Sumber: Jurnalistik Online – panduan praktis mengelola media online (Asep Syamsul M. Romli)

  1. Jurnalistik Online, Prinsip dan Karakteristik
  2. Citizen Journalism dan Media Online
  3. Kode Etik Jurnalistik Online, Berbagai Versi