Sukseskan Seleksi CPNS 2018, BKN Siapkan Fitur Baru

Sukseskan Seleksi CPNS 2018, BKN Siapkan Fitur Baru

Badan Kepegawaian Negara (BKN) telah mempersiapkan berbagai fitur baru dalam sistem seleksi calon pegawai negeri sipil (CPNS 2018) untuk mempermudah proses pendaftaran calon pelamar.

“Dibanding tahun lalu, ada beberapa fitur baru yang sudah kita kembangkan lebih lanjut. Kita akan meminta pihak luar untuk meng-handle itu,” ujar Kepala Biro Humas BKN Mohammad Ridwan saat berbincang dengan Liputan6.com di Kantornya.

Fitur baru pertama, kata dia, terkait kemampuan server menerima beban. “Kan ada kemungkinan jumlah peserta atau pelamar itu 3-4 kali lebih besar dibanding tahun sebelumnya. Kita menduga, ada antara 8 juta sampai 10 juta pendaftar,” sebutnya.

“Oleh karena itu, beban SSCN juga harus dihitung, dilakukan loading test atau tes beban, apakah nanti bisa down server-nya dan sebagainya. Itu yang kita harus aplikasikan,” kata Ridwan.

Ridwan memperkirakan, jumlah formasi yang akan dibuka pada CPNS 2018 ini berkisar 200 ribu sampai 250 ribu posisi, dengan prioritas utama tenaga pendidikan dan kesehatan.

Kedua, ia melanjutkan, akan dipersiapkan fitur baru yang memakai skema self guided mechanism, sehingga mempermudah pendaftar agar tidak salah dalam memilih instansi yang hendak dilamarnya.

“Jadi misalnya saya jurusan arsitektur, kemudian apa saja formasi-formasi yang memerlukan latar belakang arsitektur, dan di mana saja, itu pilihannya akan keluar. Sehingga kemungkinan untuk salah bagi teman-teman memilih formasi itu harusnya makin minimal,” dia menuturkan.

Sumber : Liputan6