Cara Menghilangkan Komedo dan Flek Hitam Secara Alami

Cara Menghilangkan Komedo dan Flek Hitam Secara Alami

Cara Menghilangkan Komedo dan Flek Hitam Secara Alami – Beberapa hal terkait gangguan kulit wajah yang sering dialami banyak orang adalah Komedo dan Flek Hitam. Beberapa orang akan terganggu dengan adanya komedo serta flek hitam. Mulai dari kurang percaya diri hingga rasa malu. Meski tidak semua orang mengalami hal tersebut lho yaaa.

Banyak faktor yang dapat mempengaruhi munculnya komedo dan flek hitam pada wajah. Tentunya faktor penyebab ini dapat berbeda kondisi antara satu orang dengan yang lainnya.

Faktor penyebabnya mungkin dapat dari akibat terkena paparan sinar matahari, ketidakseimbangan hormon, kehamilan, efek samping dari pemakaian obat tertentu, kekurangan vitamin, kurang tidur dan terlalu banyak stres.

Apa itu Komedo dan Flek Hitam

Kita mulai artikel terkait Cara Menghilangkan Komedo dan Flek Hitam Secara Alami ini dengan membahas masing-masing antara Komedo maupun Flek Hitam itu sendiri. Beberapa pengertian dibawah ini kami ambil dari referensi di internet yang kami tulis sumbernya pada bagian akhir dari bahasan ini.

Apa itu Komedo ?

Komedo adalah benjolan (papula) kecil pada permukaan kulit yang berwarna hitam. Komedo merupakan jenis jerawat yang tergolong ringan yang umumnya muncul pada wajah. Selain wajah, komedo juga bisa muncul di leher, dada, bahu punggung, dan lengan.

Komedo sendiri terbagi menjadi banyak jenis, yakni:

  • Komedo terbuka (komedo hitam). Informasi mengenai gejala, penyebab, dan penanganan untuk komedo hitam akan dibahas pada halaman ini.
  • Komedo tertutup (komedo putih), merupakan jenis komedo di mana folikel rambut sepenuhnya tersumbat.
  • Mikrokomedo, merupakan komedo yang sangat kecil yang tidak tampak oleh mata.
  • Makrokomedo, merupakan komedo putih dengan diameter 2-3 mm.
  • Komedo raksasa, merupakan sejenis kista di mana terdapat ujung terbuka berwarna hitam di atasnya.
  • Komedo solar, seringkali dijumpai di daerah pipi dan dagu pada lansia, dan paparan sinar matahari ditengarai menjadi penyebabnya.

Penyebab Komedo

Setiap folikel rambut terdiri dari sehelai rambut dan kelenjar minyak (sebum) yang berfungsi menjaga kulit tetap halus. Komedo disebabkan oleh sel kulit mati dan minyak yang terkumpul pada ujung luar folikel kulit. Karena kulit di atas komedo terbuka dan terpapar udara, maka warna komedo menjadi tampak hitam.

Ada beberapa faktor yang dapat memicu tumbuhnya komedo, di antaranya:

  • Meningkatnya jumlah bakteri propionibacterium acnes pada permukaan kulit.
  • Iritasi folikel rambut yang menyebabkan sel kulit mati tidak rontok secara teratur.
  • Mengalami perubahan hormon yang menyebabkan meningkatnya produksi minyak, terutama pada saat remaja dan saat menstruasi.
  • Mengonsumsi obat-obatan tertentu, misalnya steroid, lithium, atau pil KB.
  • Kulit yang terlalu kering sebelum menstruasi karena pemakaian pelembap kulit atau berada dalam cuaca yang lembap.
  • Memakai produk dengan bahan kimia tertentu, termasuk pomade (sejenis gel rambut untuk pria) yang berminyak dan beberapa cat rambut.
  • Makanan tertentu dapat menimbulkan komedo, misalnya produk susu dan makanan dengan indeks glikemik tinggi (kandungan gula dan lemak tinggi).
  • Folikel rambut yang rontok karena cedera, misalnya akibat memencet jerawat, efek samping chemical peels (teknik pembersihan kulit dengan cara dikelupas menggunakan larutan kimia), atau efek samping perawatan laser.

Apa itu Flek Hitam ?

Flek hitam atau ephelis adalah bintik-bintik datar pada kulit wajah yang terbentuk akibat peningkatan melanin atau pigmen alami kulit. Flek hitam dapat juga muncul pada bagian tubuh lain, seperti lengan, dada, atau leher. Bintik-bintik ini cenderung mudah dilihat dan mudah muncul pada orang dengan warna kulit putih. Flek hitam merupakan kondisi yang umum terjadi di segala usia dan biasanya tidak membahayakan atau menimbulkan rasa sakit.

Penyebab Flek Hitam

Flek hitam muncul karena meningkatnya produksi melanin, terutama setelah terpapar oleh sinar matahari atau sinar ultraviolet (UV). Melanin adalah pigmen yang menentukan warna pada kulit, mata, dan rambut manusia. Bagian kulit yang memiliki banyak melanin akan berwarna lebih gelap dibandingkan kulit sekitarnya, sehingga tampak seperti bintik-bintik.

Meningkatnya melanin dalam tubuh seseorang juga berhubungan dengan faktor genetik. Orang-orang dengan kulit putih dan memiliki rambut pirang atau merah lebih sering mengalami kondisi ini.

Meskipun sebagian besar flek berwarna hitam, hal ini tidak menutup kemungkinan muncul dengan warna lain, seperti kemerahan, kekuningan, atau kecokelatan tergantung dari pigmen kulit masing-masing orang, namun yang pasti berwarna lebih gelap dibandingkan kulit sekitarnya.

Cara Menghilangkan Komedo dan Flek Hitam Secara Alami

Cara menghilangkan Komedo secara alami

Jika Anda memiliki komedo di wajah, cucilah wajah Anda dua kali sehari dengan menggunakan sabun ringan. Jika Anda seorang wanita, jangan lupa untuk selalu memilih produk kosmetik yang tidak mengandung minyak. Konsumsilah makanan rendah gula dan lemak, serta batasi konsumsi produk-produk makanan yang mengandung susu. Selain itu berhentilah merokok jika Anda seorang perokok.

Selain melalui penanganan mandiri, Anda juga bisa mengobati komedo dengan menggunakan obat-obatan yang dijual secara bebas di pasaran, yang mengandung benzoyl peroxide, asam salisilat, atau resorcinol. Obat-obatan tersebut tersedia dalam bentuk krim, gel, atau koyo (patch) yang ditempelkan pada kulit. Tujuan penanganan komedo dengan obat adalah untuk membunuh bakteri, mengurangi minyak berlebih, dan membantu proses perontokan sel kulit yang telah mati.

Jika obat bebas tidak bisa membantu mengatasi komedo, maka pertimbangkanlah untuk menggunakan obat dari dokter. Dalam kasus ini, dokter kemungkinan akan meresepkan tretinoin, adapalene, dan tazarotene. Ketiga obat yang mengandung vitamin A tersebut bekerja dengan cara mencegah terbentuknya penyumbatan pada folikel rambut dan juga mempercepat pergantian sel kulit. Untuk kasus komedo yang disertai dengan kista jerawat dan bisul, dokter kemungkinan akan meresepkan obat yang mengandung benzoyl peroxide dan antibiotik.

Cara Menghilangkan Flek Hitam secara alami

Berikut adalah 9 cara menghilangkan flek hitam di wajah, seperti yang dikutip dari Liputan6.com (3/9/2018).

Jus Lemon

Cara menghilangkan flek hitam yang pertama adalah dengan menggunakan Air perasan buah lemon. Kandungan vitamin C pada lemon mampu menghilangkan flek hitam di wjah Anda. Berikut cara menghilangkan flek hitam di wajah menggunakan lemon.

  1. Ambil sedikit jus lemon dengan menggunakan kapas dan gosokkan pada area kulit wajah Anda yang terdapat flek hitam.
  2. Biarkan sampai mengering, lalu cuci bersih dengan air bersih.
  3. Lanjutkan cara menghilangkan flek hitam ini selama dua minggu agar Anda mendapatkan hasil yang diinginkan.
  4. Jika Anda memiliki jenis kulit yang peka atau sensitif, Anda bisa menambahkan sedikit air pada jus lemon untuk mengurangi keasamannya. Boleh juga menambahkan air mawar, atau madu.

Cara menghilangkan flek hitam dengan lemon ini tak bisa diaplikasikan jika ada luka terbuka pada kulit. Selain itu, jangan biarkan kulit terkena sinar matahari setelah menggunakan jus lemon karena akan membuat kulit Anda mengalami fotosensitif. Anda juga bisa menggunakan air perasan jeruk nipis sebagai cara menghilangkan flek hitam di wajah, lakukanlah dengan cara yang sama seperti yang telah dijelaskan di atas.

Kentang

Cara menghilangkan flek hitam juga bisa menggunakan kentang. Kentang bisa digunakan sebagai pemutih alami yang membantu untuk memudarkan bekas luka, serta flek hitam di wajah. Zat tepung yang ada dalam kentang mampu untuk membantu mengurangi pigmentasi, sementara enzim di dalamnya membantu untuk menyehatkan kulit. Berikut cara menghilangkan flek hitam di wajah menggunakan kentang.

Metode 1: Potong kentang tipis-tipis; Letakkan satu irisan kentang pada area wajah yang terdapat flek hitam; Biarkan selama beberapa menit lalu cuci muka dengan air hangat.

Metode 2: Kupas dan parut kentang; Campurkan 1 sendok teh madu pada parutan kentang; Oleskan masker di wajah Anda dan biarkan hingga kering selama 15 menit; Bilas dengan air hangat.

Metode 3: Ambil 1 buah kentang, blender dan ambil sarinya; Tambahkan sedikit air perasan lemon dan sedikit bubuk kunyit; Oleskan campuran ini pada flek hitam pada wajah Anda; Biarkan sampai mengering, lalu bilas dengan air bersih.

Buttermilk

Cara menghilangkan flek hitam selanjutnya adalah dengan buttermilk. Susu asam ini juga bermanfaat untuk menghilangkan flek hitam bekas jerawat karena mengandung keasaman layaknya jus lemon. Buttermilk juga membantu untuk memudarkan noda dan flek hitam namun tidak menimbulkan sensasi terbakar pada kulit. Kandungan asam laktat di dalamnya juga akan mengurangi pigmentasi kulit dan mencerahkan kulit Anda secara bertahap.

Berikut cara menghilangkan flek hitam dengan buttermilk: Ambil 4 sendok teh buttermilk; Tambahkan 2 sendok teh jus tomat segar; Campurkan kedua bahan tersebut hingga merata (kedua bahan ini memiliki sifat pemutihan yang sangat baik), lalu oleskan pada area wajah yang bermasalah; Cuci bersih wajah setelah mendiamkannya selama 15 menit.

Alternatif buttermilk: Boleh menggunakan susu, celupkan kapas ke dalam susu lalu oleskan pada wajah Anda; Biarkan selama sekitar 10 menit, kemudian bersihkan; Ulangi perawatan ini sebanyak dua kali sehari selama 4 sampai 5 minggu; Bisa juga membuat adonan susu yang diperas air jeruk lemon atau jeruk nipis.

Alternatif Lain

Walaupun sebagian besar flek hitam dapat pudar dengan sendirinya, ada beberapa pengobatan yang biasa disarankan jika pasien merasa terganggu atau kondisi makin memburuk, seperti:

  • Krim pemutih. Krim ini umumnya digunakan untuk memudarkan flek hitam dan dapat dibeli secara bebas. Namun, krim yang mengandung hydroquinone memerlukan resep dokter. Tanyakan dokter jika Anda mengalami efek samping seperti peradangan kulit, kulit kering, terasa seperti terbakar, perubahan warna kulit, atau terkelupas.
  • Krim retinoid. Krim yang mengandung senyawa kimia vitamin A ini dapat digunakan bersamaan dengan krim pemutih dan berfungsi untuk memudarkan flek hitam dalam hitungan bulan. Beberapa contohnya adalah tretinoin, tazarotene, dan Efek samping yang mungkin saja terjadi akibat penggunaan krim ini adalah kulit kemerahan, kering, iritasi, sensitif, dan terkelupas.
  • Terapi laser. Terapi ini menggunakan gelombang cahaya yang ditujukan ke kulit yang bermasalah. Studi membuktikan laser mampu memudarkan flek hitam sampai 50%. Walau aman, beberapa efek samping yang mungkin saja terjadi dari metode pengobatan ini adalah kulit terasa gatal, kemerahan, bengkak, infeksi, terkelupas, atau terjadi perubahan warna kulit.
  • Peeling. Tindakan peeling menggunakan cairan kimia dengan kandungan asam glikolat (GA) atau asam trikloroasetat (TCA) yang berfungsi untuk mengangkat sel kulit yang rusak dan menciptakan regenerasi. Beberapa efek yang bisa terjadi dari metode pengobatan ini adalah kulit terasa perih dan memerah, iritasi pada kulit, pembengkakan, dan kulit terkelupas.
  • Cryosurgery. Cryosurgery merupakan tindakan pengangkatan flek hitam dengan menggunakan cairan nitrogen yang bersuhu rendah untuk membekukan dan membunuh sel kulit yang abnormal. Walaupun aman, perlu diperhatikan bahwa tidak semua jenis flek dapat diobati dengan cara ini. Beberapa efek samping yang berisiko terjadi adalah kulit melepuh, hipopogmentasi, dan perdarahan.

Referensi

Berikut ini adalah rujukan dan sumber referensi terkait topik bahasan Cara Menghilangkan Komedo dan Flek Hitam Secara Alami. Seluruh sumber dan rujukan tersebut kami ambil dari internet.

  • hxxps://www.merdeka.com/gaya/cara-menghilangkan-flek-hitam-kln.html
  • hxxps://www.alodokter.com/komedo.html
  • hxxps://www.alodokter.com/flek-hitam.html
  • hxxps://www.liputan6.com/fashion-beauty/read/3635201/cara-menghilangkan-flek-hitam-secara-cepat-dan-alami