Tips Cara Merawat Tas Kulit Asli Terlengkap

Tips Cara Merawat Tas Kulit Asli Terlengkap

Tips Cara Merawat Tas Kulit Asli Terlengkap – Tas kulit asli memiliki bahan yang lebih kompleks dari pada bahan sintetis. Tentu perawatanya juga mebutuhkan penanganan yang khusus agar produk tas kulit asli ini lebih awet dan berumur panjang.

Tas kulit bisa menjadi salah satu investasi terbaik yang bisa kamu lakukan? Tidak heran jika tas branded terkemuka di dunia, yaitu Hermes, mematok harga yang cukup fantastis untuk setiap tas keluaran mereka dan tetap juga diburu oleh peminat fashion di mana saja. Pengamat ekonomi juga pernah mengatakan, investasi ratusan juta rupiah untuk sebuah tas bermerek lebih menguntungkan daripada investasi properti sekalipun. Sungguh luar biasa, bukan?

Di Indonesia, tas-tas berbahan kulit yang bermutu tinggi dan pantas dikoleksi juga banyak dihasilkan oleh pengrajin ternama dalam negeri. Di Qlapa sendiri, banyak sekali terdapat jajaran tas- tas berbahan kulit asli yang berkualitas, modern, dan tidak kalah dengan tas rancangan desainer luar negeri, seperti Gozzo Indonesia, Cupio, Nazaya, Zayn Wood and Leather, dan masih banyak lagi. Nah, kalau kamu termasuk salah satu penggemar tas kulit untuk digunakan sehari- hari, jangan sampai ketinggalan untuk melihat- lihat koleksi tas kulit asli terbaik di Qlapa.

Selain itu, kamu juga perlu tahu cara-cara perawatan tas yang baik dan benar. Apalagi, harga tas kulit ini juga tergolong relatif tinggi jadi perhatian ekstra pun layak kamu curahkan untuk menjaga penampilan tas kulit asli kamu secara keseluruhan.

Bagaimana cara-cara perawatan lengkap dan Tips Cara Merawat Tas Kulit Asli? Simak tips-tips berikut yang meliputi pembersihan, penyimpanan, dan hal-hal lain seputar tas kulit asli.

Memahami Karakteristik Bahan Kulit Lebih Jauh

Ibarat kulit manusia, tas berbahan kulit asli juga butuh pelembap dan perawatan khusus supaya kondisinya dapat terjaga dengan baik sepanjang waktu. Tas berbahan kulit asli dapat “menua” seiring pergeseran waktu. Namun, dengan penjagaan yang baik, penuaan ini malah semakin mempertegas kecantikan dan kesan eksklusif dari tas berbahan kulit asli milikmu.

Efek penuaan tas ini dinamakan juga patina dan yang paling sering diburu oleh penggemar sejati tas berbahan kulit. Efek ini bersifat alami dan hanya akan muncul dari pemakaian tas dari waktu ke waktu.

Tas berbahan kulit asli dari hewani juga mengandung tingkat kelembapan dan minyak tertentu yang akan berangsur hilang dimakan usia. Tas berbahan kulit asli yang sering dipakai umumnya semakin cepat berkurang tingkat kelembapan dan minyaknya karena berpindah ke tangan pemakainya.

Jika unsur lembab dan minyak alami dalam tas kulit asli terlalu rendah, permukaan tas kulit asli akan menjadi retak dan pecah. Oleh karena itu, penting sekali untuk terus menjaga keseimbangan unsur- unsur tersebut demi mencegah kerusakan permanen pada tas kulit asli.

Salah satu cara paling ampuh untuk memelihara tas kulit asli demi efek patina yang kekal dan unsur alami yang seimbang adalah dengan conditioning atau perawatan. Dengan conditioning yang benar, tas kulit asli kamu juga bisa terlindungi dari noda dan kotoran membandel.

Tips Cara Merawat Tas Kulit Asli

Cara-Cara Melakukan Conditioning pada Tas Berbahan Kulit Asli

1. Jenis Conditioner Kulit : Di toko- toko yang menjual alat rumah tangga, kamu bisa menemukan beberapa jenis conditioner atau pelembap kulit asli untuk tas ataupun sofa. Berikut perbedaan dan fungsi masing- masing jenis pelembab tersebut:

  • Krim: Melembapkan bahan kulit tanpa banyak memberikan pengaruh pada warna asli bahan serta memberikan perlindungan tingkat menengah terhadap noda di permukaan tas kulit.
  • Minyak: Melunakkan dan menjaga kondisi kulit asli tas. Umumnya, jenis minyak tidak banyak memberikan perlindungan terhadap noda di permukaan tas.
  • Wax/ Lilin: Paling baik untuk perlindungan terhadap cairan dan noda serta paling ampuh meningkatkan efek patina pada tas kulit.

Setelah mengetahui perbedaan jenis- jenis pelembap kulit asli, pastikan kamu juga mendapatkan produk pelembap kulit yang berkualitas tinggi. Tidak seluruh produk pelembap kulit di pasaran akan memberikan hasil yang baik saat digunakan. Bahkan tidak jarang, pelembap itu malah merusak penampilan tas kulit milikmu. Oleh karena itu, benar-benar perhatikan kualitas dan tingkat kepuasan pengguna saat pembelian.

Bonus Tips:
Tes pelembap kulit pada bagian ujung atau sudut tas kulit asli kamu dan lihat apakah terjadi perubahan warna yang terlalu drastis. Hal ini bisa kamu lakukan untuk memastikan kualitas pelembap tas tersebut sebagai Tips Cara Merawat Tas Kulit Asli..

2. Cara Mengaplikasikan : Cara mengaplikasikan pelembab kulit yang benar adalah dengan meletakkan sedikit bahan tersebut ke atas kain lembut yang bebas serat dan bukan langsung pada tas kulit kamu.

3. Penggosokan : Gosok secara perlahan. Buatlah gerakan melingkar secara menyeluruh pada permukaan tas kulit.

4. Biarkan Menyerap : Biarkan beberapa waktu untuk penyerapan. Gunakan kain bersih kering untuk pengelapan lebih lanjut.

5. Keringkan : Biarkan tas kulit yang baru di-condition berada di ruangan terbuka. Ini supaya tas dapat kering total selama beberapa jam sebelum digunakan kembali.

6. Rawat secara Berkala : Lakukan perawatan ini secara berkala, setidaknya 3-4 kali dalam setahun. Jika tas kulit sering kamu gunakan untuk kegiatan di luar yang sering terpapar sinar matahari, lakukan conditioning setidaknya sebulan sekali.

Selain conditioning, sebenarnya tas kulit asli tidak memerlukan perawatan yang rumit. Akan tetapi, tentunya kamu juga perlu membersihkan tas kulit kamu secara berkala.

Cara-cara Membersihkan Tas Berbahan Kulit Asli

  • Bersihkan tas setiap minggu dengan lap basah yang telah dikeringkan sebelumnya.
  • Perhatikan bagian lain dari tas, seperti kancing, gesper, atau gantungan tali yang biasanya terbuat dari bahan metal. Bersihkan dengan kain lap secara menyeluruh.
  • Keringkan tas dengan kain biasa.
  • Jika tas kulit asli terkena noda, segera bersihkan dengan kain dan air hangat. Gunakan pembersih bahan kulit dalam jumlah kecil untuk membantu mengenyahkan noda.
  • Jika tas kulit terkena air hujan atau basah, segera lap dengan kain kering dan biarkan mongering secara alami.
  • Hindari pengeringan dengan alat bantu listrik, seperti radiator atau blow dryer rambut sebab merusak kualitas kulit.

Cara-cara Menyimpan Tas Berbahan Kulit Asli

  • Simpan tas kulit di tempat yang bersih dan kering. Gunakan dustbag yang biasa diberikan saat pembelian.
  • Isi tas dengan gumpalan kertas yang telah kamu padatkan sesuai ukuran tas. Hindari menggunakan koran bekas karena tintanya akan menodai bagian dalam tas.
  • Jika masih ada kotak asli dari pembelian, simpan tas dalam kotak tersebut beserta sebungkus silica gel untuk menyerap lembab.
  • Untuk mencegah jamur, keluarkan tas sekurang-kurangnya sekali sebulan agar udara bisa masuk.

Tips-tips Lain untuk Perawatan Terbaik bagi Tas Kulit

  • Hindari menggunakan tas kulit yang sama dalam jangka waktu terlalu lama. Ganti penampilan tas kamu untuk “mengistirahatkan” tas kulit supaya semakin awet menjadi salah satu Tips Cara Merawat Tas Kulit Asli.
  • Hindari tas kulit dari sumber api atau panas untuk menjaga warna dan pigmen asli dari bahan tas tersebut.
  • Suhu yang terlalu dingin juga akan mengakibatkan tas berbahan kulit asli menjadi rapuh dan retak.
  • Cari produk-produk yang dapat melindungi dari penggunaan sehari- hari terhadap cuaca ekstrem, seperti hujan atau panas yang berlebihan. Contoh produknya, seperti spray protection atau beeswax.

Sumber:

  • hxxp://blog.qlapa.com/cara-merawat-tas-kulit-asli-tips
  • hxxp://m.todayonline.com/sites/default/files/styles/photo_gallery_image_lightbox/public/14560453_0.JPG?itok=sRPMYA7f